SMA NEGERI 8 MALANG MENUJU ADIWIYATA MANDIRI

Oleh: murty
30 April 2013, 07:32:36

Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, Tahun 2013 ini SMA Negeri 8 Malang menjadi salah satu sekolah yang terpilih mewakili Kota Malang ke Tingkat Propinsi Jawa Timur dalam kompetisi sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri. Dua sekolah lainnya adalah SDN Purwantoro, dan SMKN 1 Malang.

 

Oleh karena itu Smarihasta harus berjuang lagi untuk merebut gelar sebagai Sekolah Adiwiyata Mandiri, yang telah diamanahkan oleh Pemerintah Kota tersebut.

Dengan bekerja keras bukan hal yg tidak mungkin bagi sekolah untuk meraihnya, karena tahun 2012 Smarihasta telah menyandang gelar sebagai Sekolah Adiwiyata Nasional.

Dan tidak asing lagi bagi warga Smarihasta, karena sejak merencanakan maju sebagai Sekolah Adiwiyata, tahun 2010, Smarihasta sudah mengintegrasikan lingkungan hidup di dalam kegiatan pempelajaran. Dengan kata lain kurikulum yang dilaksanakan di SMAN 8 Malang adalah kurikulum yang berbasis lingkungan hidup.

 

Adiwiyata adalah Tempat yang baik dan ideal untuk memperoleh segala ilmu pengetahuan, dan berbagai norma serta etika, sebagai dasar manusia menuju terciptanya kesejahteraan hidup, dan menuju cita-cita pembangunan berkelanjutan.

 

Tujuan Adiwiyata adalah mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

 

Norma Dasar Adiwiyata adalah :

  • Kebersamaan
  • Keterbukaan
  • Kesetaraan
  • Kejujuran
  • Keadilan
  • Kelestarian fungsi Lingkungan Hidup dan Sumberdaya Alam

 

Komponen dan Standar Adiwiyata meliputi :

  1. Kebijakan Berwawasan Lingkungan
  2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan
  3. Kegiatan Lingkungan Berbasis Ramah Lingkungan
  4. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

 

Untuk mewujudkan sebagai Sekolah Adiwiyata, SMAN 8 Malang memiliki Visi dan Misi :

 

Visi :

Menghasilkan Insan Cerdas yang Berakhlak Mulia dan Berbudaya Lingkungan.

Misi : 

  1. Meningkatkan keterlaksanaan pendidikan karakter.
  2. Meningkatkan keterlaksanaan pendidikan lingkungan hidup.
  3. Meningkatkan keterlaksanaan pembelajaran bermutu.

 

Ada 5 Tujuan Strategis dalam mencapai Visi dan Misi :

  1. Tersedia dan terjangkaunya layanan pendidikan berkarakter. (T1)
  2. Terjaminnya pendidikan lingkungan hidup. (T2)
  3. Tersedia dan terjangkaunya pembelajaran yang berkelanjutan, bermutu dan  relevan dengan kebutuhan era global. (T3)
  4. Tersedianya system manajemen yang handal dalam menjamin terselenggaranya layanan pendidikan.(T4)
  5. Terjaminnya pendidikan ramah lingkungan (T5)

 

Dengan berdasar pada visi dan misi sekolah, yaitu Menghasilkan Insan Cerdas yang Berakhlak Mulia dan Berbudaya Lingkungan, Sekolah berharap siswa- siswa SMAN 8 Malang tidak hanya memiliki kecerdasan secara intelektual saja, namun menjadi manusia cerdas yang berakhlak mulia, dan peduli terhadap lingkungan sekitar, baik lingkungan social maupun lingkungan alam di sekitarnya.

  

Salah satu syarat untuk menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri adalah SMAN 8 Malang harus memiliki 10 Sekolah Imbas, dan harus mengimbaskan ke 10 sekolah tersebut agar dapat  mengikuti seleksi Sekolah Adiwiyata secara bertahap, mulai Adiwiyata Tingkat Kota, Adiwiyata Tingkat Propinsi, dan Adiwiyata Nasional.

Adapun 10 Sekolah Imbas SMAN 8 Malang adalah :

1.     SDN Percobaan 1 Malang.

2.     SD Laboratorium UM

3.     SDN Sukun 2 Malang.

4.     SMP Negeri 10 Malang.

5.     SMP Negeri 12 Malang.

6.     SMP Negeri 15 Malang.

7.     SMA Negeri 2 Malang.

8.     SMA Negeri 7 Malang.

9.     SMK Negeri 2 Malang.

10.  SMK Negeri 3 Malang

Pengimbasan yang dilakukan oleh SMAN 8 Malang secara berkelanjutan ke Sekolah Imbas adalah, dalam hal :

 

1.     Pemahaman tentang Sekolah Adiwiyata.

2.     Penyusunan Program Kerja Adiwiyata.

3.     Penyusunan Perangkat Mengajar dengan model pembelajaran Integrasi monolitik.

4.     Pembuatan Provil Sekolah.

5.     Pembuatan dokumen yang terdiri dari Komponen dan Standar Adiwiyata meliputi :

  1.  
    1. Kebijakan Berwawasan Lingkungan.
    2. Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Lingkungan.
    3. Kegiatan Lingkungan Berbasis Ramah Lingkungan.
    4. Pengelolaan Sarana Pendukung Ramah Lingkungan

6.     Pengolahan Sampah dengan sistem 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

 

Dalam kegiatan partisipatif SMAN 8 Malang berkerjasama dengan Instansi- instansi lain yaitu : Pertamina, PLN, Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta, Dinas Kesehatan, Dinas Infokom, Badan Lingkungan Hidup (BLH), Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat (BKBPM), Bank Sampah, POLRES dan POLSEK Lowokwaru, RT, RW, Kelurahan Sumbersari, Kecamatan Lowokwaru, alumni, orang tua siswa, Komite, dan LSM Bidang Lingkungan Hidup yaitu P-WEC dan Benih Bunga Matahari,

 

 

Penilaian telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 20 April 2013 oleh Tim Penilai Sekolah Adiwiyata Mandiri dari Kementerian Lingkungan Hidup Jakarta.

Penilaian tidak hanya dilaksanakan di SMAN 8 Malang saja, namun Tim Penilai juga mengunjungi Sekolah Imbas, untuk mengetahui sejauh mana SMAN 8 Malang mengimbaskan materi Adiwiyata ke 10 Sekolah tersebut.

 

Saat penilaian yang dilaksanakan di SMAN 8 Malang, kami undang juga instansi- instansi,  terkait dan masing- masing Sekolah Imbas menampilkan Aksi Lingkungan berupa produk-produk dari daur ulang, yang merupakan hasil karya siswa.

 

Untuk penilaian Sekolah Adiwiyata Mandiri nilai yang ditekankan adalah tentang perilaku dan sikap warga Sekolah terhadap penyelamatan lingkungan dan penyelamatan bumi, misalnya, bagaimana perilaku dan sikap warga Sekolah dalam memelihara dan menjaga lingkungan Sekolah supaya tetap bersih, bagaimana cara warga sekolah dalam memilah- milah sampah yang berasal  dari plastik, kardus/ kertas, daun, sisa makanan (sampah basah), dan sambah yang berbahaya, misalnya baterei bekas, kaleng- kaleng parfum, atau kaleng obat serangga dll.

Selain itu juga bagaimana perilaku/ sikap/ sopan santun/ keramahan semua warga sekolah terhadap lingkungan sosialnya.

 

Alhamdulillah.... Penilaian telah selesai, terima kasih kepada 10 Sekolah Imbas, Instansi- instansi terkait, komite, alumni, LSM Lingkungan Hidup, dll, yang telah mendukung, dan terima kasih kepada seluruh warga Smarihasta, atas kerjasamanya,  sehingga penilaian Sekolah Adiwiyata Mandiri oleh Kementerian Lingkungan Hidup dapat terlaksana dengan baik dan lancar.

 

Bersama kita pasti bisa !

Dari semua yang sudah kita tanam dengan ikhlas dan penuh semangat, semoga berbuah manis..... Aamiin.